MENDIRIKAN PERUSAHAAN DISINGAPORE

Keuntungan dan kemudahan

Saya pernah bertemu seorang pengusaha yang punya perusahaan di Indonesia dan Singapura. Dia mengatakan ingin mendirikan lagi perusahaan baru di Singapura.   Lalu saya tanya, kenapa tidak mendirikan perusahaan di Indonesia saja, apa sih kemudahan yang ditawarkan di Singapura? 

Sebelum menjawab, dia tersenyum terlebih dahulu. Lalu dia berkata “Jaya lebih taulah bagaimana birokrasi di Indonesia,”. Giliran saya yang tersenyum dan kami sama-sama tersenyum. Lalu dia melanjutkan. di Indonesia kita rutin membayar pajak, tapi ada pengeluaran rutin lagi yang justru bisa membenani perusahaan. Kalau tak ada beking bisa lebih banyak lagi pengeluaran.  Karena birokrasi kita sudah terbiasa untuk memberi buah tangan, dan mempersulit. Kalau tak memberi, ya risikonya dipersulit, dan bisa-bisa jatah proyek diberikan kepada yang lain. Belum lagi masalah politik di Indonesia yang tidak menentu. Kadang berisiko menguras anggaran perusahaan.

Pesta politik di Indonesia membuat pengusaha harus pandai-pandai dalam mengeluarkan dana investasi. Belum lagi tantangan di lapangan yang kadang cukup rumit dan menguras anggaran perusahaan dengan berbagai dinamika masalah. Lalu dia membeberkan tentang pengalamannya mendirikan perusahaan di Singapura. Misalnya punya akses mudah ke perbankan swasta dan komersial untuk membiaya pengembangan bisnis dengan suku bunga rendah. Pokoknya kondisi riil yang dialaminya dipermudah, bukan seperti di negeri kita, dalam pidato pejabat tinggi dipermudah, tapi saat di lapangan memang harus ada pelicin untuk dipermudah.

Lalu kebijakan pajak yang jujur dan terbuka, ada insentif pajak dan pembebasan pajak hingga membuat Singapura jadi surga bagi investor dengan berbagai lini bisnis. Karena insentif pajak telah membuat para investor makin ramai dan nyaman bertahan di Singapura. Infrastruktur yang dibutuhkan juga tersedia untuk memperlancar investasi.  Makanya banyak investor mendirikan perusahaan induk di Singapura untuk memperkuat invansi bisnis di Asia. Lalu dia menyebutkan nama-nama perusahaan ternama yang tak lagi asing di telinga kita justru berada di Singapura meski lini bisnisnya menyebar ke negara-negara Asia Tenggara, Asia atau negara-negara Pasifik, bahkan seluruh dunia.

Tapi tidak usah kuatir Era Pak Jokowi Indonesia telah berubah banyak sekarang bikin usaha tinggal pake OSS dan NIB tanpa biaya, suatu kemajuan tetapi tetap Singapore lebih unggul dan murah dari segi perpajakan. 

PENDIRIAN PERUSAHAAN 

Untuk orang asing yang ingin membuka perusahaan di Singapura, bentuk perusahaan yang diijinkan adalah Private Limited yang disingkat Pte Ltd.

Apa itu Private Limited Company?

Sama dengan Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia. Perusahaan adalah entitas legal, yang terpisah dan berbeda dari direktur dan pemegang sahamnya.

Pemegang saham tidak bertanggung jawab atas hutang perusahaan diluar modal usaha (saham) yang dimiliki oleh pemegang saham. Modal usaha yang dikontribusikan ke dalam perusahaan akan membentuk perseroan terbatas bagi pemegang saham perusahaan.

Untuk mendaftarkan perusahaan di Singapura, orang tersebut (orang lokal atau luar negeri) harus diatas usia 18 tahun, waras, dan memiliki kemampuan untuk mendaftarkan perusahaan Singapura.

Orang asing bisa mendirikan perusahaan di Singapura. 100% saham dapat dimiliki oleh orang asing. Hanya saja perlu minimal 1 orang nominee direktur lokal (orang Singapura atau PR).

Keringanan Pajak di Singapura:

Singapura memberikan kemudahan kepada perusahaan-perusahaan start-up dengan memberikan tax exemption (pengecualian pajak). Untuk $100,000 pertama akan dibebas pajakkan selama 3 tahun pertama lalu setelah $100,000 akan dikenakan pajak progresif. Lebih jelasnya bisa dibaca di http://www.iras.gov.sg/

Singapura memiliki reputasi bisnis yang baik dan juga keuntungan-keuntungan pajak. Karena itulah, banyak pengusaha dan perusahaan dari seluruh dunia memilih untuk mendaftarkan perusahaan di Singapura.

Perusahaan Singapura diwajibkan untuk melaporkan pajak perusahaan setiap tahunnya ke IRAS.

GST (Pajak Barang dan Jasa) Singapura:

GST itu seperti PPN di Indonesia. Jika Anda ingin membeli property komersial atau aset-aset lainnya dan ingin meng-klaim kembali GST yang dibayarkan kepada pemerintah, Anda dapat mendaftarkan perusahaan sebagai “Private Limited Exempt Company” atau mendaftarkan perusahaan baru Anda sebagai entitas GST. Entitas GST memiliki hak untuk meng-klaim kembali GST dari pembelian property komersial.

Perusahaan dengan pendapatan lebih dari SGD 1,000,000 wajib untuk mendaftar sebagai entitas GST.

Bagi perusahaan dengan pendapatan dibawah SGD 1,000,000, mereka memiliki pilihan untuk mendaftar atau tidak.

Entitas GST wajib untuk membayar GST kepada pemerintah untuk setiap barang dan jasa terjual. Sebagai gantinya, untuk setiap pembelian barang atau jasa, perusahaan ini dapat meng-klaim kembali GST ke pemerintah.

Ijin Usaha (Business License)

Beberapa jenis bisnis, direktur perlu mendapatkan ijin usaha yang sah sebelum memulai bisnis.

Persyaratan Tahunan Perusahaan Singapura:

Berdasarkan undang undang perusahaan dan pajak pendapatan di Singapura, setiap tahunnya, perusahaan terdaftar di Singapura diwajibkan untuk memenuhi persyaratan administrasi dan formalitas tahunan.

Contoh:

  • Melaporkan Perkiraan Penghasilan Terpajak (ECI) dalam 3 bulan sejak pelaporan “Penghasilan Tahunan (AR)”.
  • Mengadakan (Rapat Umum Tahunan (AGM) minimal 1 kali setahun.  Dalam AGM, direktur perusahaan harus melaporkan laporan keuangan perusahaan kepada para pemegang saham.
  • Melaporkan annual returns (sesuai pasal 175, pasal 197 dan pasal 201 dari undang-undang perusahaan)
  • Melaporkan pajak setiap tahunnya ke IRAS.
  • Dan lain lain.

Dokumen yang diperlukan untuk Pendirian Perusahaan Singapura:

  • Berikan 3 (tiga) pilihan nama perusahaan yang ingin didaftarkan (ditulis dengan urutan yang diinginkan, jika yang pertama masih tersedia, perusahaan akan didaftarkan dengan pilihan nama yang pertama. Jika sudah diambil orang, maka akan dilanjutkan dengan pilihan yang kedua. Dan selanjutnya hingga pilihan yang ketiga.
  • Penjelasan singkat untuk 2 (dua) kegiatan utama bisnis. (Primary dan Secondary / Singapore Standar Industrial Code)
  • Data pribadi pemegang saham Fotokopi passport atau fotokopi NRIC depan dan belakang untuk warganegara Singapura/Singapura PR.
  • Fotokopi alamat domilisi (alamat luar negeri)
  • Data pribadi direktur:  Fotokopi passport atau fotokopi NRIC depan dan belakang untuk warganegara Singapura/Singapura PR.
  • Fotokopi alamat domilisi (alamat luar negeri) 
  • Minimal satu direktur local (warganegara Singapura/Singapura PR). Jika tidak ada, kami menyediakan jasa Lokal Nominee Director.
  • Lokasi kantor terdaftar di Singapura (Jika Anda menggunakan jasa pembentukan perusahaan kami maka alamatnya bisa menggunakan kantor partner kami di Singapore).
  • Jumlah modal usaha.
  1. Persentase pembagian saham untuk setiap pemegang saham. Total persentase harus 100%.
  2. Jumlah modal usaha awal. Minimal SGD 1. Jumlah modal usaha dapat ditambah di kemudian hari. Untuk beberapa bidang usaha, ada batas minimal untuk PAID UP CAPITAL seperti tour &travel minimal $100,000.
  3. Semua dokumen dalam bahasa asing (bukan Inggris), harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir.

Prosedur Pendaftaran Perusahaan Singapura:

  1. Pengecekan nama perusahaan, apakah sudah ada perusahaan lain yang menggunakan nama yang sama. Kata-kata seperti “bank”, “finance”, “law”, “media”, dll memerlukan persetujuan khusus dari agensi pemerintah dan memperlukan ektra pemrosesan berapa hari sampai berapa minggu. Jika nama masih belum terpakai, dapat dilanjutkan ke step ke-2.
  2. Mendapatkan persetujuan nama perusahaan dari ACRA. Nama yang disetujui akan direservasi selama 60 hari sejak hari pendaftaran dan dapat diperpanjang 60 hari lagi dengan tambahan biaya SGD 15 sebelum habis masa berlaku.
  3. Mengisi formulir pendaftaran dan ditandatangani oleh semua pemegang saham dan direktur. Pemegang saham dan direktur harus berada di Singapura untuk penandatanganan dokumen.
  4. Dokumen pendirian dokumen akan dapat diambil di kantor  Legalitasku.id yang terletak di Kuningan. Pengiriman ke Indonesia akan dikenakan biaya courier sesuai tujuan.
  5. Pembukaan rekening bank perusahaan baru Anda di salah satu bank di Singapura. Semua direktur harus hadir di bank untuk tanda tangan di bank.
  6. Dokumen yang diperlukan untuk pembukaan rekening adalah:
  • Passport
  • “Memorandum and Articles of Association” (akan disiapkan oleh kami)
  • Business profile (akan disiapkan oleh kami)
  • Bukti tempat tinggal/domisili (jika di luar Singapura)

Jasa Pendaftaran Perusahaan Singapura mencakup:

  • Jasa pendaftaran perusahaan Singapura (Corporate Pass ACRA)
  • Sertifikat Saham ( Share Registrar)
  • First Director’s Resolution
  • MAA (Memorandum  Articles of Association of the Company)
  • Profil Bisnis Perusahaan
  • Company Common Seal
  • Self Inking Company Stamp
  • Pembukaan Rekening Bank di Singapura (Dengan sedikit biaya tambahan) 
  • Corporate Secretary Service (Dengan biaya tambahan)
  • Alamat Kantor di Singapura (syarat pembentukan badan usaha harus memiliki kantor di Singapura) kalau anda tidak punya alamat maka bisa ikut dalam alamat kami dengan sedikit biaya tambahan
  • Local Director Service (Nominee dengan Biaya Tambahan)

Pajak

Apa kelebihan membuat perusahaan di Singapore ?

Indonesia saat ini memiliki tingkat  pajak penghasilan pribadi tertinggi sebesar 30 persen dan  tarif pajak perusahaan 25 persen. Singapura memiliki tarif pajak perusahaan 17 persen dan pajak pertambahan nilai hanya 7 persen Goods and Service bandingkan dengan Indonesia yang besarannya 10 Persen.

 

singapore, river, skyline
asia, sea lion, core zone

Biaya Pendirian di Singapore Paket Lengkap :

SGD 8000 atau sekitar 85 juta rupiah

(Tergantung Kurs yang berlaku)

KEMUDAHAN

Nah satu lagi kenapa Singapore menjadi menarik. Kalau anda sebagai beneficial owner dan anda tidak mau ketahuan sebagai pemiliknya maka anda bisa menandatangani perjanjian Nominee Shareholders.  Atau anda dapat menunjuk Nominee Director. Maka anda tidak diketahui asal usulnya.

Jaman BPPN dulu digunakan untuk buyback Company, banyak perusahaan yang didirikan untuk mendapatkan haircut harga perusahaan.

Untuk PMA alasannya adalah kemudahan insentif pajak yang dinikmati oleh PMA. Anda dirikan perusahaan disingapore, bikin BUT di Indonesia dan nikmati fasilitas Tax Holiday.

CLIENTS

anda tidak bisa mencopy isi konten ini